Sabtu, 17 Maret 2012

Manusia harus menjadi Pemenang

Manusia tercipta dengan proses perlombaan, siapa yang bisa tetap survive maka ia tentunya yan akan menjadi pemenangnya. di mulai dari  pembuahan hingga kematian manusia di hadapkan pada sebuah kata kunci kehidupan yaitu" perlombaan" siapa yang kuat dan bertahan dia yang menjadi pemenang, bukan hanya kuat fisik saja akan tetapi psikis dan materipun harus kuat. hanya saja tidak semua manusia bisa menjadi pemenang dari segala bidang kehidupan. akan tetapi mereka di tuntut untuk  berbagai kemenangan dengan peserta kehidupan yang lainnya. nah sekarang saya tawarkan kepada anda wahai ikhwan dan akhwat 7 ciri pemenang :
1. Berpikir positif, optimis,dan tidak takut celaan orang yang suka mencela. 

 يااايُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْامَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عِنْ دِيْنِهِ فَسَوْفَ يَأتِيْ اللهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَ يُحِبُّوْنَهُ 
أَذِلَّةٍ عَلَي المُؤْمِنِيْنَ أَعِزَّةٍ عَلَيْ الكاَفِرِيْنَ يَجَاهِدُوْن في سَبِيْلِ اللهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ
لَائِمِ ذالِكَ فَضْلُ الله يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَاليِمٍ

Artinya Allah Berfirman : " Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, kelak Alloh akan mendatangkan suatu kaum yang Alloh mencintai mereka dan merekapun mencintai Alloh , yang bersikap lemah lembut terhadap orangmukmin, yang bersikap keras terhadap orangkafir, yang berjihad di jalan Alloh, dan yang tidak takut terhadap celaan orang yang suka mencela. itulah karunia Alloh di berikanNya kepada siapa yang di kehendakiNya dan Alloh Maha Luas pemberianNya lagi Maha Mengetahui" ( Al- Maidah : 54 ) 
    Begitulah, ikhwan dan akhwat, kadang kala kita begitu mudah di pengaruhi oleh komentar oranglain, pun disaat kita melakuakan kebaikan. sehingga banyak hal terjadi kita urung melakukan kebaikan itu sendiri, karena takut akan komentar oranglain.  
2. Berpikir Besar
Orang-orang besar lahir dari cita-cita, mimpi-mimpi, dan harapa-harapan besar. terkadang cita-citanya dianggap konyol oleh lingkungannya pada wakttu itu. sebagai contohnya ada sebuah kisah tentang lelaki tua di perancis yang hidup sebatangkara dan berkeinginan untuk pergi ke sebuah lembah. pak tua ini melihat bekas-bekas reruntuhan desa yang telah di tinggal penduduknya mengungsi, ia memperkirakan bahwa desa akan menjadi gurun apabila tidak ada pohon yan tumbuh. maka dalam perjalanannya menuju lembah itu ia memunguti biji oak, memilih yan baik-baik dan merendamnya dalam seember air. di ihari hari berikutnya ia menyiraminya. dalam waktu 3 tahun laki-laki itu telah menanamkira-kira 100.000 biji pohin oak dan ia berharap biji-biji itu akan tumbuh. ketika ia meninggal tahun 1974 dalam usia 89 tahun ia telah berhasil menciptakan salah sati hutan yan terindah di perancis yang terbentang 11 km dan lebar 3 km. lalu kenapa kita lebih sering berpikir tentang kegagalan atau kesalahan yang belum nyata, jika kebenaran lebih nyata? berpikir besar, positif, dan khusnudzon adalah starting point untuk melakukan hal yang lebih besar. dan orang-orang besar selalu berfikir bahawa amal mereka adalah untuk kebaaikan tidak hanya bagi dirinya, tetapi juga orang banyak. 
3. Berani gagal dan berani salah
 Pernah nggak, suatu saat ikhwan dan akhwat bertemu dengan orang yang berkata dengan bangganya" Alhamdulillah saya jarang melakukann kesalahan." lalu ada orang bertanya dengan antusias " wah hebat bagaimana anda bisa melakukannya? dan ia pun menjawab dengan santai," karena saya jarang melakukan sesuatu." iiiiiiiiih nyebelin banget kan? padahal yang namanya mencoba dan salah adalah ajang untuk mengujiseberapa banyak kita menggunakan akal dan potensi kita dalam erkreasi mengatasi dan memenangkan kehidupan untuk menuju khusnul khotimah. coba kita renungkan betapa kita sring nyaman dengan ketidak- kesalahan kita, padahal kesalahan adalah aset sebab ia merupakan umpan balik tentang bagaimana kita melakukan sesuatu, para pemenang melakukan banyak kesalahan dari pada pecundang. itu sebabnnya mereka sukses sebab mereka terus belajar dari kesalahan dan berusaha memperbaiaki kesalahan. example : thomas alfa edison adalah seorang legenda.ketika banyak orang bertanya bagaimanaperasaannya ketika ia berkali-kali gagal saat membuat bola lampu. kemudian thomas menjawab bahwa ia tidak gagal bahkan ia menemukan beribu-ribu cara untuk membuat bola lampu. selain itu baginda muhammad juga bersabda loh..! yang artinya sebagai berikut:
       " Apabila kamu tidak pernah berbuat salah tau dosa, maka Alloh tabaroka wa ta'ala akan menciptakan makhluk ain yang di buatNyaberdosa kemudian ia bertaubat dan Alloh mengampuni mereka ( HR. Muslim) " tapi maksudnya bukan mengajak ikhwan akhwat berbuat dosa loh. akan tetapi kita tidakk perlu takut untuk melakukan suatau perbuatan sebab jika kiya melakuakan kesalahan Alloh Sang Maha penerima Taubat selalu memberi ruang untuk memperbaikinya. jadi pilih mana? tanpa kesalaha, tetapi tanpa prestasi, atau sebaliknya, salah sekali tetapi berprestasi ?
4. Tahan Banting
 Semaki tinggi pohon maka anginnya semakin kencang. semakin berkualitas seseorang maka ujian, cobaan, fitnah dan tantangan juga semakin berat! yups. perhatiin juga firman Alloh ni yang artinya: Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menguji kamu agar kami mengetahui orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) dan bersabar di antara kamu dan agar kami menyatakan ( baik-buruknya) hal ihwalmu ( Muhammad : 31) baik buruknya keaddan kehidupan kita dan prestadi-prestadi kita perlu di buktikandengan ujian dan cobaan. sebab dengan ujian itu pula Alloh menghendaki kebaikan kita
5. Selalu mempersiapkan diri dengan optimal
  Pernahkah Ikhwan dan Akhwat merasa harinya amburadul? serba tidak beres serba mendesak? hhhhhmmmmmm boleh jadi karena hari itu kita tidak mempersiapkan diri denga baik sehingga apa yang kita lakukan berantakan. padahal perilaku para pemenang mesti selalu terprogram, penuh persiapan. lihat saja saat kita mau sholat maka kita harus menyiapkan tempat yang suci baju yang suci lalu berwdhu kemudian menghadap kiblat lalu sholat. maka jika kita pikir kalu ritual ibadah kita segitu perlunya persiapan apalagi ritual amaliyah kita. maka segala persiapan memang sangat penting. semuanya hanyalah masalah kebiasaan dan Azam ( tekad) yang kuat sebagaiman ulama Salaf berkata: kalau engkau mempunyai gagasansebaiknya engkau juga mempunyai kehendak."
6. Tidak meremehkan oranglain
La tahtaqir man duunaka falikulli syai'in maziyatun. seorang pemenang bukanlah seorang yang egois. Ia mengenali kelebiha-kelebihan dan juga kelemahan dan kesalahannya itu sebabanya ia menghargai orang lain untuk bersama-sama meraih prestasi
7. Resilient, Elastis, dan pintar menyesuaikan diri
memang banyak orang yang tidak suka dengan perubahan ia sangat menikmati dan merasa nyaman dengan keadaan yang serba rutin teratur dan tannpa goncangan. tetapi kita harus ingat bahwa bukankah sesuatu yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri. karena semuanya dan sgal sesuatu berubah. nah seorang yang bermental pemenang tidak pernah  menyalahkan perubahab yang terjadi pada diri dan lingkunannya. ia pintar menyesuikan diri dengan perubahab selama perubahan itu tidak melanggar syari'at Alloh. And the winner always do it! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar